Ini adalah pengalaman saya membuat visa D Austria untuk mengunjungi keluarga. Jadi keluarga saya di sini berperan sebagai host atau inviter yang akan menyediakan seluruh akomodasi selama saya tinggal di Austria. Visa D Austria berlaku selama maksimum 180 hari atau 6 bulan. Perpanjangan visa D tidak bisa dilakukan di Austria.

Pertama-tama, pendaftar harus membuat appointment melalui telefon atau kirim email ke Kedutaan Austria di Jakarta. Tanpa appointment, pendaftar tidak akan dilayani jika langsung datang ke kantornya. Menurut pengalaman saya, visa saya sudah jadi dalam 14 hari kerja. Saya sarankan untuk segera mendaftar ya supaya visa sudah jadi sebelum hari H keberangkatan. Pembuatan visa tidak dapat diwakilkan karena pendaftar harus datang langsung ke kantor Kedutaan Austria di Jakarta untuk scan sidik jari.

Dokumen yang diperlukan untuk membuat National Visa D yaitu:

  • Formulir yang sudah diisi dan ditandatangani oleh pendaftar
  • Pas foto berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm sesuai dengan ketentuan ICAO 
  • Paspor yang masih berlaku
  • Scan sidik jari secara langsung di kantor Kedutaan Austria Jakarta
  • Fotokopi paspor (hanya halaman depan yang memuat identitas)
  • Fotokopi visa Schengen yang dimiliki sebelumnya (jika tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan)
  • Dokumen perjalanan (bukti booking tiket pesawat)
  • Dokumen asuransi perjalanan (memuat nomor polis dan menyatakan bahwa  meng-cover minimum €30.000, dan valid untuk seluruh area Schengen. Di sini saya menggunakan asuransi perjalanan dari Care Concept yang ada di Jerman)
  • Letter of invitation dari host (tidak wajib dilampirkan)
  • Bukti kemampuan finansial (Host/inviter membuat surat pernyataan bahwa mereka mampu menanggung seluruh biaya akomodasi kita selama tinggal di Austria. Surat pernyataan bisa didapatkan dari kantor kepolisian Austria cabang terdekat dari rumah host/inviter. Polisi akan membuatkan Electronic Declaration of Sponsorship. Dokumen yang perlu disiapkan untuk membuatnya bisa langsung ditanyakan ke kantor polisi terdekat yah!)