Battery 15% Plugged In, Not Charging
Itulah pesan dari indikator baterai laptop saya beberapa waktu. Baterai sudah mau habis, tapi tidak bisa ngecas, padahal sudah ditancapin kabel charger-nya :'( Saya tiba-tiba bingung dong. Laptop saya tidak pernah mengalami masalah ini sebelumnya. Padahal saya selalu rawat laptop dengan baik, tapi saya jadi mikir memang sudah waktunya rusak kali ya. Kalau dari hasil baca-baca artikel di internet, umur kapasitas baterai lithium pada umumnya memang berkurang 20% tiap tahun. Jadi kalau laptop sudah berumur sekitar 4 tahun lebih, berarti? Begitulah :'D

Saya berusaha cari cara supaya laptop bisa kembali normal. Dan akhirnya mencoba beberapa tindakan dari yang konyol sampai yang agak realistis hehe

1. Cabut baterai dan menyalakan laptop
Cara ini sedikit ekstrim. Saya cabut baterainya dan menyalakan laptop tanpa baterai. Tapi charger laptop harus menancap terus. Tujuan saya sih semacam kasih kejutan ke laptop biar dia tau bedanya pas dipasang baterai atau tidak (ini teori saya sendiri ya haha). Kalau berhasil, berarti laptop memang perlu dikasih shock terapy aliran listrik. Cara ini tidak memberikan hasil karena saat dipasang lagi, baterai tetap tidak mau ngecas.

2. Cabut Pasang Charger Berulang-ulang
Saat baru ngecas, indikator baterai bisa berjalan beberapa menit lalu akan berhenti tiba-tiba. Contohnya baterai saya awalnya 15%, lalu setelah diisi menjadi 17%, tantangan berikutnya adalah bagimana caranya biar bisa tembus menjadi 100%. Caranya sih cukup melelahkan dan bikin emosi. Saya harus mencabut dan menancapkan kembali kabel charger berulang-ulang agar indikator baterai terlihat berjalan terus. Cabut-pasangnya tidak langsung dan sering ya, tunggu sampai indikator berhenti ngecas, kemudian cabut pasang lagi. Lakukan ini beberapa kali. Di laptop saya, cara ini berhasil membuat indikator baterai naik menjadi 100%.

3. Disable-Enable ACPI Battery 
Karena cara ke-2 sangat melelahkan akhirnya saya memikirkan solusi lain. Saya mengecek driver laptop. Caranya, masuk dulu ke Device Manager (cari di control panel), lalu pada bagian Batteries, ada driver ‘Microsoft ACPI … battery’, itu di-disable. Lalu restart komputer dan kembali di-enable lagi setelah nyala. Alhamdulillah akhirnya cara ini berhasil untuk laptop saya. Karena bisa jadi cuma masalah pengenalan baterai oleh Windowsnya. Laptop saya kembali normal lagi sampai sekarang.


Kesimpulannya adalah, coba semua cara sampai menemukan yang berhasil. Mungkin kasus di laptop lain akan berbeda, dan membutuhkan kombinasi cara2 yang berbeda pula biar berhasil. Atau mungkin bisa juga dikombinasikan dengan cara lain selain di atas. Kalau berbagai cara tidak berhasil, mungkin memang sudah waktunya ganti baterai atau ganti laptop :D