Ini adalah pengalaman saya saat berada di bandara Ataturk, Istanbul - Turki. Selayaknya bandara lainnya, tentu ada layanan wifi di sini. Tapi saya sangat kecewa, ada wifi tapi tidak bisa diguna,kan. Kalau mau menggunakan pun dengan syarat dan proses yang berbelit-belit. Sehingga pasti kebanyakan pengunjung tidak bisa menggunakan wifi. Ya! Bandara Ataturk PELIT wifi! Untuk bandara sekelas Ataturk, tentu aneh dengan pelitnya wifi itu. Mati gaya kalau tidak ada wifi 😂 secara itu kan kebutuhan pokok buat penumpang, bukan cuma untuk hiburan ya... misal kalau mau book flight lain jadi lebih mudah kan atau kalau keluar bandara mau pakai transportasi apa untuk eksplore Turki, bisa juga untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Jadinya kan gampang kalau ada wifi, disitu yang saya heran.


Setelah gadget terhubung dengan wifi, ada 3 pilihan jika ingin menggunakan wifi tersebut :
1. Sebagai pelanggan TTnet lalu memasukkan kode tertentu
2. Bukan pelanggan TTnet lalu harus daftar account dan membayar dengan credit card
3. Free 15 minutes dengan memasukkan nomor kartu SIM lokal Turki yang dimiliki, lalu memasukkan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS/telfon

*TTnet adalah perusahaan penyedia jasa internet di Turki, mirip Telkom kalau di Indonesia

Saya membandingkan dengan bandara Soekarno-Hatta di Indonesia yang fasilitasnya cukup memadai. Ada akses wifi gratis yang mudah dan charger gratis. Ngecas hp bisa dengan aman lho karena colokannya ada di dalam kotak. Saat ngecas, tinggal colokkan kabel chargernya, masukkan hp ke dalam kotak dan kunci kotaknya. Sebagian besar bandara di Indonesia memang sudah menyediakan layanan wifi gratis yang aksesnya mudah.



Kalau di Bandara Soekarno-Hatta, tinggal connect ke wifi, buka browser, lalu klik lanjutkan. Tadaa!!! kita sudah dapat menikmati koneksi wifi.

Fasilitas free charging di bandara Soekarno-Hatta