Turki..Siapa yang tak kenal negeri ini??? Banyak literatur yang menceritakan keberadaan Turki, baik karena sejarahnya, periwisata, maupun penduduk negeri ini yang laki-laki dan perempuannya terkenal memiliki wajah rupawan. Bahkan orang-orang dahulu pernah berkata "Hanya ada dua kategori wanita di sini, wanita yang cantik dan wanita yang sangat cantik", setuju???

Namun tahukah anda fakta lain dari negara Turki? Bagi yang suka pelajaran geografi mungkin sudah tahu tentang keunikkan geografis negara ini, yaitu wilayah Kota İstanbul yang terbentang di antara dua benua. Sebagian Kota İstanbul terbentang di benua Asia dan sebagian lagi di benua Eropa. Masyarakat lokal menyebutnya İstanbul Asya dan İstanbul Avrupa (baca: Awrupa).

Suasana Kota İstanbul Eropa lebih padat daripada wilayah İstanbul Asia. Di İstanbul Eropa kita dapat menemukan museum yang paling sering dikunjungi wisatawan di dunia yaitu Hagia Sophia. Atau peninggalan Kerajaan Turki Usmani lainnya seperti Masjid Biru (Sultan Ahmet Camii), Topkapı Palace, Taksim, dan lain-lain.

Di daerah Eminönü, saya membeli tiket untuk menikmati Bosphorus Tour. Bosphorus adalah selat yang membelah benua Eropa dan benua Asia. Berlayar di antara dua benua menurut saya sangat menakjubkan, kalau pengen ke Asia atau Eropa tinggal nyebrang aja pakai ferry atau jalur darat lewat jembatan.

Sepanjang selat Bosphorus, kita akan melewati beberapa tempat penting seperti Galatasaray Unıversıty, Ataturk Home, Kız Kulesi, Istana Dolmabahce, Sekolah Militer sejak zaman Turki Usmani, dan lain-lain. Banyak restoran mewah yang berjajar di sepanjang selat Bosphorus. Kabarnya untuk satu porsi sup (çorba) dipatok harga 400 - 2000 TL loh, harga yang sangat mahal dan tidak terjangkau kantong saya. Cuma bisa penasaran saja rasa supnya seperti apa haha



Bosphorus Bridge: Jembatan yang menghubungkan Asia dan Eropa