Sudah setengah tahun lalu sejak aku meninggalkan Turki. Tapi bayang-bayang Turki masih tersisa di kepalaku. Apalagi saat mengikuti upacara sekolah di hari Senin, kami selalu menyanyikan lagu kebangsaan Turki İstiklal Marşi. Saat duduk di kafe-kafe pasti diputar lagu-lagu Turki yang lagi hits. Tidak ada salahnya memori yang sering melintas itu kubuatkan tulisan seperti ini.

Buat yang sedang belajar bahasa asing, biasanya dengan mendengarkan musik berbahasa asing tersebut maka akan menunjang belajarnya. Menurutku, sejak aku menyukai dan mengganti playlist-ku dengan lagu berbahasa Inggris (mengesampingkan lagu berbahasa Indonesia), Bahasa Inggrisku semakin berkembang. Lalu bahasa asing lainnya yang kupelajari adalah Bahasa Turki maka motode serupa juga kuterapkan. Alhamdulillah sangat membantu.

Oke, berikut ini daftar lagu yang enak didengar versiku, alias aku menyukai lagu-lagu berbahasa Turki tersebut. Selain untuk menghibur telinga, lagu tersebut mengajarkan cara membaca kata-kata dalam bahasa Turki dengan benar.

1. Çifte Kavrulmuş - Emre Altuğ
2. Sevgili - Mesut Kurtis
3. Yeniden - Yalın
4. Benimki - Yalin
5. Hoscakal Sevdigim - Mehmet Savci
6. Sen Olsan Bari - Aleyna Tilki
7. Koyverdun gitun beni