Saya punya beberapa teman dari Taiwan, Turki, Pakistan, Mesir, Arab, dll., sehari hari juga sering mengobrol bareng. Meskipun bahasa orang Pakistan mirip dengan orang India, tapi mudah sekali mengenali mereka karena orang India saat berbicara kepalanya selalu bergoyang. Sedangkan teman saya Hasnain dari Pakistan jarang bahkan tidak pernah menggoyangkan kepalanya saat berbicara. Setiap goyangan kepala orang India baik itu mengangguk, menggeleng atau goyang -goyang tak beraturan katanya sih semua mempunyai makna. Saya juga banyak diajari mengenai isyarat tangan orang Turki. 

Kalau jari menguncup dan digerakkan naik turun artinya di Turki: Good Job, So nice

Orang Turki kalau sedang berbicara tangannya selalu bergerak. Sedang berbicara di telepon pun tangannya juga bergerak tak karuan. Saya sering heran juga, emang tangan digerak-gerakkan seperti itu orang yang diajak ngomong di seberang sana bisa melihat?. Ternyata setiap gerakan tangan dan jari punya arti. Lama-lama saya jadi paham kode-kode dan maksud gerakan tangan tersebut. Ada beberapa gerakan isyarat tangan yang sama tetapi kemungkinan artinya bisa beda kalau dipakai di negara lain.

Arab : Yang Ini Artinya 'Tunggu Sebentar Ya'
'Sabar Nanti Saya Kembali Lagi'

Gambar di bawah ini artinya 'mesum' yang mengarah pada hubungan suami istri. Di Turki, menujukkan isyarat tangan seperti ini sangat tidak sopan. Hati hati jangan menggoda cewek Turki dengan isyarat ini, bisa digampar anda. 


Sebagai Orang Indonesia, rasanya saya tak punya bahasa isyarat lewat gerakan tangan atau kepala seperti orang India, orang Turki, maupun orang Arab. Meskipun begitu, ada baiknya juga untuk mempelajari bahasa tubuh atau bahasa isyarat penduduk lokal kalau sedang jalan-jalan ke negeri orang. Isyarat bisa sama tapi artinya bisa sangat berbeda. Dan ini sudah saya buktikan sendiri di Turki. 

Isyarat tangan yang dilarang di berbagai negara